Akhir KKN Umtas Desa Linggasirna Menggelar Tabligh Akbar

oleh -83 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Kuliah Kerja Nyata merupakan program yang harus ditempuh oleh Mahasiswa sebagai aksi nyata dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman melalui kontribusi positif kepada masyarakat.

Maka dari itu kegiatan Kuliah Kerja Nyata telah menjadi wadah transformasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya untuk menjadi agen dalam aksi kolaboratif guna menghadirkan perubahan.

Kegiatan KKN juga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para Mahasiswa Universitas Muhammadiyah, penerjunan Mahasiswa dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2023 yang berlokasi di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Sariwangi, Cigalontang dan Leuwisari.

Mahasiswa dapat memilih tema yang akan dilakukan selama KKN terdapat 3 tema yakni Desa Sehat, Desa Pintar dan juga Desa Wisata, terdapat 24 kelompok yang diterjukan dalam pelaksanaan KKN tahun ini.

Kelompok 24 merupakan salah satu kelompok KKN dari Umtas yang bertempat di Desa Linggasirna dengan jumlah anggota 14 orang dengan fakultas yang berbeda -beda.

Kelompok ini melakukan kegiatan KKN  dengan tema Desa Sehat, progam dari Desa sehat ini mencangkup sosialisasi, pengecekan hipertensi dan gula kepada masyarakat di Desa Linggasirna.

Adapun kegiatan lain yang dilakukan seperti mengajar di madrasah yang mendapat antusias dari para anak-anak yang sedang mengaji, selain itu kelompok inu juga melakukan kegiatan belajar mengajar di beberapa sekolah dasar kegiatan tersebut juga mendapat antusias para anak-anak.

Seperti banyak kelompok lainnya lakukan dalam kegiatan KKN kelompok ini juga melakukan acara puncak dengan melakukan seminar pada tanggal 8 September 2023, pembahasan dalam seminar ini mencangkup gerakan Desa Sehat dan juga pengetahuan hipertensi serta gula darah kepada masyarakat yang masih awam terhadap 2 penyakit tersebut, kegiatan ini di sambut hangat oleh masyarakat di Desa Linggasirna serta mendapat banyak dukungan dari pihak-pihak lainnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini pastilah terdapat perpisahan dengan para warga. Maka dari itu kelompok 24 melaksanakan Tabligh Akbar tepat pada tanggal 8 September 2023 yang bertempat di Masjid Nurtaubah yang terletak di Kp. Bojong Desa Linggasirna Kecematan Sariwangi.

Dalam pelaksanaannya Mahasiswa KKN mengundang salah satu ustad yang berasal dari Tasik yakni ustad Yudi sebagai pemateri bertagline “Sibuk kerja lupa ibadah”.

Dalam pelaksanaan tabligh akbar ini Pemuda Kp. Bojong Desa Linggasirna turut membantu dalam pelaksanaannya, Mahasiswa beserta jajaran masyarakat bahu membahu dalam mengadakan acara tabligh akbar tersebut. (*)