Aplikasi Sapawarga Digenjot di Ciamis

oleh -74 views
oleh

CIAMIS, LetterZ – Pelatihan aplikasi Sapawarga digelar Diskominfo Kabupaten Ciamis secara maraton. Aplikasi itu menjadi salah satu program Kabupaten Ciamis menuju “kota cerdas”. Kepala Diskominfo Ciamis, Aef Saefuloh, menuturkan program itu sesuan dengan misi Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati, Yana D. Putra.

“Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien. Ciamis akan meningkatkan pelayanan publik berbasis elektronik,” katanya saat menggelar pelatihan aplikasi itu yang diikuti peserta dari empat kecamatan, yakni Ciamis, Sadananya, Cipaku, dan Baregbeg.

Menurut Aef, aplikasi Sapawarga merupakan inovasi pelayanan publik yang didesain responsif, integratif, dan responsif dari Pemprov Jabar sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi warga Jawa Barat. “Aplikasi ini bentuk keseriusan Pemprov Jabar dan Kabupaten Ciamis menyambut Revolusi Industri 4.0,” ujarnya Jumat (13/9/2019).

Aplikasi itu bisa diinstal warga Ciamis untuk membantu para aparat desa dan masyarakat. Menu layanan yang ditawarkan di antaranya lapor, usulan, survey, polling, info harga, dan e-samsat. Tampak hadir pula para pendamping desa yang akan mempertajam tindak lanjut, menyosialisasikan dan melatih aplikasi itu kepada warga.