Cegah Hipertensi Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Siliwangi Tasikmalaya Launching Gradasi

oleh -34 views
oleh

LETTERZ.ID, Kota Tasikmalaya-
Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya dari Fakultas Ilmu Kesehatan Launching Program Gerakan Waspada Hipertensi Dengan Pemanfaatan Seledri (Gradasi) di Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, pada masalah kesehatan darah tinggi atau hipertensi paling tinggi.

Launching program Gradasi ini adalah gerakan waspada hipertensi dengan tanaman Seledri.“Ungkap Siti Fatimah Mahasiswi Unsil kepada wartawan, Sabtu (27/5/2023).

Mereka memilih tanaman Seledri, ungkap Siti, semoga tanaman tersebut dapat dan mudah di jangkau, kemudian cara pengolahanya juga mudah bagi masyarakat untuk di contohkan.

Kami menemukan dari salah satu jurnal dan dalam jurnal tersebut, menyebutkan bahwa pemanfaatan Seledri ini bisa di olah dengan cara di rebus.“Jelas Siti Fatimah, Ketua Kelompok IV Unsil usai Launching GRADASI di Posbindu Melati Bantarsari.

Siti Fatimah menyebutkan masyarakat bisa memanfaatkan tanaman Seledri itu sendiri dengan apa yang sudah Mahasiswi Universitas Siliwangi contohkan.

Semoga Seledri juga bisa menurunkan hipertensi bagi para penderita.”Singkat dia.

Hal senada juga menurut, Rian Arie Gustaman selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan Unsil Tasikmalaya menyampaikan bahwa memang dari hasil kajian sudah 80 persen.

Rian mengatakan Mahasiswa telah menemukan hipertensi yang di alami masyarakat.

Sehingga, kata Rian, untuk hasil launching tersebut, nantinya akan dilakukan pemantauan secara bertahap.

Karena, Mahasiwa selesai ini harus membuat sebuah roadmap untuk satu tahun kedepan.

Dimana itu nanti diserahkan kepada Puskesmas untuk dilakukan pemantauan tahap berikutnya.“Terang Rian, Dosen Unsil Tasikmalaya.

Nah, untuk nanti, tahap berikutnya adik kelas mereka yang akan melakukan evaluasi program yang mereka sudah buat. Jadi, nanti diharapkan bisa sustainable sejak tahun programnya berjalan atau tidak. Sehingga, nanti oleh Mahasiswa di kelasnya di Evaluasi dan setelah di Evaluasi bisa diputuskan program ini hingga dilanjukan dengan upgrade.“Tutup Rian (*)