HUT TNI di Tasikmalaya Pamerkan Alutsista dan Bagi-Bagi Sembako ke Masyarakat

oleh -41 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya- Ada yang unik di peringatan HUT TNI ke-78 di Tasikmalaya, pasukan Linmas ikut serta langsung bersama ribuan personil dengan teriakan yel-yel dengan lantang setelah upacara selesai.

HUT TNI ke-78 Kota/Kabupaten Tasikmalaya di pusatkan di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (5/10/2023).

Pameran Alutsista TNI dihadirkan untuk masyarakat Singaparna dan sekitarnya. Ragam senjata, teropong canggih, seragam lapangan hingga Kendaraan Taktis dari Brigif 13 Galuh Rahayu kostrad dipamerkan. Tak sedikit dari warga yang mengabadikan Alutsista TNI ini dengan swafoto.

“Baru kali ini saya lihat senjata TNI langsung, biasa nyamah kan di film-film saja. Keren ternyata. Reugreug lah pak. Kita sebagai warga bangsa lihat TNI kita saat ini.”Ucap Maman, warga yang saksikan Alutsista di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya.

TNI yang terdiri dari Brigif 13 Galuh Rahayu Kostrad, Kodim 0612, Wingdikal dan Lanudwiriadinata, Kepolisian serta Pemerintah Daerah Tasikmalaya turut bagikan sembako gratis. Sebanyak 1500 paket sembako berisi beras, mie instan, minyak hingga kecap untuk masyarakat.

“Terimakasih Pak TNI, dapat beras kan lagi mahal. Bisa saya gak beli beras dua hari kedepan. Alhamdulillah, TNI maju terus jaga kami warga bangsa. Mau pemilu apalagi TNI harus jaga kami yah pak.”Terang Minah, Masyarakat Penerima Sembako di HUT TNI.

Kemudian, Pemerintah Daerah Tasikmalaya mengaku TNI bukan sekedar kekuatan militer, tetapi bagian dari kekuatan masyarakat. TNI selalu hadir ditengah masyarakat untuk membantu kesulitan, termasuk saat bencana.

“TNI hadir dalam kesulitan masyarakat, di setiap desa di Kabupaten Tasikmalaya bahkan di setiap kampung. Tasikmalaya paling sering terkena bencana, nomor dua nasional. Setiap ada bencana TNI paling dulu dilokasi bantu masyarakat.”Ujar Ade Sugianto, Bupati Tasikmalaya.

Sementara itu, Insfektur Upacara HUT TNI ke-78, Kolonel Kal Bambang Witono yang juga Komandan Wingdikal 600 Tasikmalaya memastikan TNI sebagai alat negara akan selalu menjadi garda terdepan menjaga kesatuan NKRI. Terkait Pemilu tahun 2024, dipastikan TNI akan netral.

“Hut TNI kali ini kami pastikan bahwa TNI netral dalam pemilu 2024. Kami juga akan selalu hadir membantu masyarakat. Seperti saat ini kita bagikan 1500 sembako untuk msyarakat secara Gratis.”Kata Bambang Witono.

Diakhir kegiatan, Anggota Polres Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya Kota serta Brimob Batalyon D Polda Jabar memberikan kejutan. Mereka membawa tumpeng raksasa dan kueh ulang tahun sebagai bentuk Soliditas. (*)