Dukung Pelatihan Jurnalistik, Wakil Dprd Kota Tasikmalaya Dorong Gen-Z Melek Era Digital

oleh -41 views
oleh

LETTERZ.ID, Kota Tasikmalaya-
Dalam membangun kreatifitas Pelajar, Mahasiswa, dan Generasi Muda dalam Dunia tulis menulis di Kota Tasikmalaya. Yayasan Wadhi Barkah menggelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar di Hotel City, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan minat baca dan tulis bagi kalangan generasi milenial.

Kegiatan pelatihan jurnalistik yang di gagas oleh Yayasan Wadhi Barkah tersebut dibuka langsung oleh Pimpinan Wakil Dprd Kota Tasikmalaya yakni H Muslim dari fraksi PDI Perjuangan.

Untuk narasumber pelatihan jurnalistik sendiri yaitu oleh Kang Dudy RS selaku pemilik media Kapol.id dan wartawan senior di Kota Tasikmalaya.

Salah satu aspirasi masyarakat dengan adanya pelatihan ini penting sekali di Kota Tasikmalaya, salah satu poin tahun 2023 untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).”Ucap H Muslim dalam sambutannya.

Ia mengatakan bahwa program Pemerintah dan Dprd belum maksimal 100 % terlaksana.

Kegiatan hari ini penting sekali, diera musim digital sekarang kalau berusaha sistemnya digital. Maka, pelatihan jurnalis ini salah satunya regenerasi jurnalis nanti dikembangkan dengan digital.”Ujarnya.

H Muslim menerangkan tempo dulu meliput itu hanya bermodalkan catatan buku dan mesin ketik. Namun, sekarang berkembangnya sudah modern, maka perkembangan jurnalisme dengan sistem digital.

Ini tentu harus banyak pelatihan untuk merubah keadaan teknologi ini.“Jelasnya.

Muslim mengatakan era sekarang, peran jurnalis sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan akan memberikan informasi, melalui cetak, online, adapun media lainnya.

Pelatihan sekarang, harus diikuti dengan sungguh-sungguh bagi pelajar, mahasiswa, generasi muda. Agar nanti dalam membuat laporan berita informasi kepada masyarakat yang benar dan nanti di jurnalis juga belajar agar berita bagus kalah dengan hoax.“Papar dia.

Dia menyebutkan dengan berkembang jurnalis saat ini sangat bagus sekali, itulah kemunculan digital sangat dibutuhkan.

Adapun itu, bagi kalangan pengusaha perumahan, produksi di rumah banyak milyader baru karena adanya digital dan ini pentingnya dalam pelatihan.

Dengan teknologi saat ini perlu di gali dan ditingkatkan.“Terangnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Wadhi Barkah Abdul Rohim, SE menyampaikan bahwa peringkat Indonesia dalam minat baca dan tulis cukup rendah termasuk peringkat ke-62 dari 70 Negara menurut UNESCO Oktober 2022.

Tak hanya itu, kegiatan pelatihan tersebut untuk menumbuhkan minat baca dan tulis di Kota Tasik yang masih rendah.

Minimalnya mereka bisa mengabarkan yang sederhana, berawal dari isue yang ada di sekitar.”Tambahnya.

Adul sapaan akrabnya, ini merupakan kegiatan rutin Yayasan Wadhi Barkah yang dilaksanakan minimal setahun sekali.

Peserta juga diikuti oleh puluhan orang yang diambil dari berbagai Sekolah dan Kampus di Kota Tasikmalaya.

Kita ingin mencetak generasi milenial yang melek teknologi digital. Sehingga mampu bersaing dan bersanding di tatanan ekonomi global.”Sebutnya.

Ketua Yayasan Wadhi Barkah berharap para peserta bisa berkolaborasi dengan para pelaku media yang khususnya dalam hal konten khas karya Kota Tasikmalaya sebagai upaya mengenalkan kearifan lokal.

Semoga khas karya Tasik lebih bisa ditonjolkan dalam setiap konten-konten berita atau informasi, sebagai upaya mengenalkan kearifan lokal.“Pungkasnya. (*)