Fikkes Umtas Pengabdian ke Masyarakat Bersama Keluarga Berencana

oleh -25 views
oleh

LETTERZ.ID, Kota Tasikmalaya-
Tim Keperawatan Kesehatan Reproduksi Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya melakukan pengabdian masyarakat kepada keluarga berencana keluarga & sejahtera di Madrasah Al-Falah Kelurahan Cipedes, Kota Tasikmalaya merupakan salah satu perwujudan dari Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan.

Melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Catur Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat. Sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Hal ini di sampaikan oleh Dosen Pembimbing Tim Keperawatan Kesehatan Reproduksi, Neni Nuraeni M.Kep beliau menyampaikan Mahasiswa wajib melaksanakan pengabdian masyarakat di tujukannya kegiatan ini sebagai bentuk tugas akhir semester 4 mata kuliah Keperawatan Kesehatan Reproduksi.

“Implementasi wahana keilmuan terhadap masyarakat umum dan hal ini juga bertujuan membangun koneksi eksistensi terhadap artikel ilmiah jurnal balarea Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.”Jelas Neni, Jumat (28/6/2024).

Sementara itu, Muhammad Iqbal Fajar Setiawan Mahasiswa S1 Keperawatan Fikes Umtas mengatakan kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi mengenai Pengertian kontrasepsi, pengertian keluarga berencana (KB), tujuan program keluarga berencana (KB), mengisi post test & pre test.

“Pelaksanaan kegiatan dengan pendekatan open ended dan pendekatan proses dalam pengabdian masyarakat. Prinsip pendekatan ini menitik beratkan pada proses untuk menemukan suatu jawaban dari suatu persoalan dan memberikan kebebasan kepada peserta untuk mengamati atau menyusun konsep tertentu.”Ungkap dia.

Sehingga, materi-materi yang disampaikan itu Pengertian Kontrasepsi, Pengertian Keluarga Berencana (KB) dan Tujuan program keluarga berencana (KB).

“Keluarga Berencana (KB) adalah usaha atau upaya untuk mengatur kehamilan, mengatur kelahiran anak, jarak dan usia kelahiran anak, perlindungan dan bantuan sesuai reproduksi untuk membentuk dan mewujudkan keluarga yang sejahtera serta berkualitas sehat dan lahir batin.”Tegasnya.

Iqbal menyampaikan bahwa tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan ibu, menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak, serta mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.

Agar, peserta kegiatan masyarakat seperti ibu-ibu dari RT 02 & 03 RW 01, Kelurahan Cipedes dengan responden kurang lebih 30 orang, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 08 Juni 2024.

Untuk Pelaksana kegiatan adalah Mahasiswa/i Tingkat II Semester 4 Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya sebanyak delapan orang.

Tim Keperawatan Kesehatan Reproduksi yang terlibat, ialah Neni Nuraeni M.Kep selaku Koordinator Mata Kuliah, Dosen Pembimbing, Naning Widayanti, S.Kep., Ners selaku Dosen Pengampu Keperawatan Kesehatan Reproduksi yang telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Sehingga, mereka mendukung kegiatan ini secara moril ataupun moral kepadanya untuk menjalankan pengabdian masyarakat ini sebagai tugas akhir semester 4 ini.

Adapun itu, Kelompok 2 Adisti Sa’diyah, Anisa Nuril Fitri, Aura Selfastasya M, Kurnia, Lunar Sani Hejira, M Iqbal Fajar Setiawan, Siska Sabila Nurani, Ulfi Afifah yang telah melaksanakan pengabdian Masyarakat di Madrasah Al – Falah Kelurahan Cipedes Kota Tasikmalaya. Dengan ini kami berharap pengabdian Masyarakat ini dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran hidup bermasyarakat. (*)