Gebyar Keberkahan, Ormawa Umtas Menggelar Cek Kesehatan Gratis ke Masyarakat

oleh -94 views
oleh

Kota Tasikmalaya, LETTERZ.ID-
Empat Prodi Umtas terjun langsung dalam acara cek kesehatan gratis. Ada tiga kegiatan sore tadi, Sabtu (6/4/2024) diantaranya pengecekan tensi gratis, 300 Pcs tes golongan darah dan bagi-bagi takjil.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya aksi nyata silaturasa mengabdi untuk masyarakat menggelar cek kesehatan gratis di Taman Kota Tasikmalaya.

“Agenda hari ini adakah gebyar keberkahan, dimana kita mengadakan cek kesehatan gratis untuk masyarakat Kota Tasikmalaya.”Kata M Iqbal Fajar Setiawan Ketua Pelaksana, Sabtu Sore (6/4/2024).

Antusias masyarakat cukup antusias sekali yang di selenggarakan oleh Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Iqbal menilai, angka kesehatan di Kota Tasikmalaya menurun kita sudah buktikan ada datanya.

“Kami ini berinisiasi, kami itu fakultas kesehatan dimana kami harus memperhatikan segi kuratifnya kepada masyarakat Kota Tasikmalaya. Kami telah mengadakan cek kesehatan bentuk tensi gratis itu free bebas, cek golongan darah gratis serta bagi-bagi takjil.”Ujar M Iqbal.

Kemudian, tujuan utama terselanggara hari ini tiada lain meningkatkan skills mahasiswa dalam memberikan semangat ghirah bahwa masuk fakultas kesehatan bisa terjun ‘show of’ ke masyarakat.

“Kebanyakan stigma kesehatan itu tidak bisa berorganisasi.”Ungkap M Iqbal.

Berbeda halnya, M Iqbal Assabiq Ketua BEM Fikes Umtas mengatakan kami memiliki inisiatif atas terselenggara acara ini atas dasar persatuan ormawa.

“Kami pun tak luput koordinasi ke dekan dan wakil dekan.”Jelasnya.

Adapun itu, Sri Wahyuni Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya mengatakan yang mengikuti Gebyar Ramadhan ini Mahasiswa dari Organisasi Mahasiswa semuanya dibawah BEM Fikes. Diantaranya, ada 4 Prodi yakni S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, dan D3 Keperawatan.

“BEM Fikes ini membuat program kerja di periode tahun ini 2023-2024, salah satu program bentuk nyata bakti kemanusiaan membuat program cek kesehatan gratis, cek golongan darah, dan diakhiri bagi-bagi takjil karena masih dalam suasana bulan suci ramadhan.”Beber Sri Wahyuni.

Ia mengatakan tentunya mendapatkan banyak apresiasi positif dari Pemerintahan juga yang mengizinkan stand kami dipasangan disini (Taman Kota-red).

Bersyukur sekali dari Pemerintah juga tengah memberikan support berupa 200 pak untuk takjil.

“Kami dari dosen Umtas mendukung karena mahasiswa kami dibekali kompetensi dalam ilmu kesehatan yang diimplementasikan saat kegiatan bakti sosial ini.”Tuturnya. (*)