Jalan Sehat Awali Kegiatan Hari Jadi 1 Abad Desa Cisayong

oleh -54 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Ribuan masyarakat masyarakat Desa Cisayong ikuti Gebyar Merah Putih jalan sehat di Lapang Sakti Lodaya, Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Jalan sehat tersebut dalam acara 1 Abad Desa Cisayong dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 di hari jadi kabupaten Tasikmalaya ke-391.

Awaludin selaku panitia penyelenggara mengatakan, Gebyar Merah Putih ini merupakan sebuah tema yang diambil pada helaran tahun ini dengan rangkaian pesta rakyat 6 hari berturut-turut.

“Pelaksanaan dimulai tanggal 12 Agustus sampai 17 Agustus 2023 yang berlokasi di Lapang Bola Sakti Lodaya Desa Cisayong. Dengan 3 perayaan sekaligus yaitu puncak Milangkala Kabupaten Tasikmalaya ke-391 tahun kemudiam Milangkala Desa Cisayong ke 1 Abad dan HUT-RI ke-78 Tahun.”Ucap Awal, Sabtu (12/8/2023).

Awaludin menjelaskan, rangkaian kegiatan pada 12 Agustus 2023 yaitu opening, upacara adat penyambutan, jalan santai serta hiburan.

Kemudian, 13 Agustus 2023 ada Competition Band dan Competition Mobile Legend. Lalu, 14 Agustus 2023 kegiatan Festival Budaya, Kaulinan Barudak Jaman Baheula, Ulin Diburuan, Alimpaido, Festival Beubeutian, Guar Budaya bersama Kang Budi Dalton.

Sementara, kegiatan 15 Agustus 2023 ada perlombaan kegiatan islami (MTQ, Adzan, Mawarawis). Selanjutnya Gebyar Sholawat, Tabligh Akbar bersama KH. Rd. Muhammad Hariri Abdul Aziz Azmatkhan, S.Psi, MA (Ust. Hariri).

Kendai demikian, 16 Agustus 2023 ada Pagelaran Wayang Golek Putra Giri Harja 3, Dalangnya Ddan Sunandar Sunarya.

Sehingga pada 17 Agustus 2023 merupakan puncak Milangka Kabupaten Tasikmalaya dan Puncak HUT-RI yang akan dihadiri hadiri oleh Bupati Tasikmalaya.

Kendati, kata Awal rangkaian tersebut di hiasi Pemeran Bazar UMKM dan bertujuan untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan sebagai leading sektor dari Diskoperindag Kabupaten Tasikmalaya dan BI yang menghadirkan para pelaku UMKM yang sudah menjadi binaan Diskoperindag dan Bank Indonesia. (*)