Kawasan Longsor di Tasikmalaya Ditanami Ribuan Pohon

oleh -8 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Polres Tasikmalaya melakukan penanaman pohon, mengantisipasi bencana dan kebakaran hutan di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Penanaman Pohon tertitik di 20 Se-Kabupaten Tasikmalaya, kemudian di Pusatkan di Kawasan Tebing Terasering, Kampung Pasir Pari, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang.

Berjumlah dua ribu pohon ditanam Kepolisian Resort Tasikmalaya, Pemerintah Daerah, Bersama TNI, Masyarakat dan Mahasiswa serta Pelajar.

Dari ribuan pohon diantranya pohon Suren, pohon Jambu, Kopi, Manglid Ganitri dan Jeruk yang ditamam secara serentak.

“Penanaman pohon ini merupakan program Kapolri secara nasional. Di kita ada 20 titik lokasi penanaman dan di Cidugaleun ini kami Pusatkan. Lahan Tebing yang dibuat terasering ditanami Pohon.”Ujar AKBP Suhardi Heri Haryanto, Kapolres Tasikmalaya di Cidugaleun, Penanaman Pohon, Rabu (23/8/2023).

Makna di penanaman pohon tentu sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan. Dan mengantisipasi bencana longsor, penanaman pohon diharapkan bisa mencegah kebakaran Hutan.

“Ya ini upaya melestarikan lingkungan, bentuk kecintaan POLRI terhadap lingkungan. Semoga longsor dan Karhutla bisa diantisipasi dengan menjaga lingkungan.”Ungkap Suhardi.

Tak hanya itu, aksi penanaman pohon mendapat apresiasi Pemerintah Daerah dan berbagai pihak. Gerakan ini diharapkan tidak hanya simbolis melainkan dilakukan berkala.

“Kita sambut baik upaya penanaman pohon agar lingkungan lestari, hutan hutan hijau lagi. Bencana jauh dari kita.”Beber H Apip Permadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya dilokasi yang sama.

Adapun itu, sejumlah Mahasiswa dan Siswa turut antusias menanam pohon. Sayangnya, banyak Pelajar dan Mahasiswa yang tidak mengetahui jenis pohon yang ditanam.

“Saya nanam aja. Gak tau pohonya. Pohon apa yah. Kecil gituh.”Singkat Nur Fadhilah, Mahasiswa Salah Satu Universitas Swasta di Tasikmalaya.

Dengan demikian, mereka tetap berkomitmen untuk turut menjaga kelestarian lingkungan. (*)