Komisi IV Dprd Kota Tasik Gelar Pelatihan Kader Posyandu

oleh -54 views
oleh

LETTERZ.ID, Kota Tasikmalaya-
Anggota Dprd Kota Tasikmalaya, salah satu pimpinan Komisi IV mengadakan pelatihan kepada kader yang sudah diberikan oleh Puskesmas PKM Sambongpari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (21/12/2022).

Pelatihan kader posyandu dengan tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kompetensi kader tentang pencegahan dan pengendalian potensi stroke sangat diperlukan.

“Hipertensi merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Faktor yang berhubungan hipertensi antara lain itu umur, pendidikan, pekerjaan, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kebiasaan olahraga, asupan natrium, dan asupan kalium.”tutur H Murjani Anggota Dprd Komisi IV kepada wartawan.

Ia menyebutkan yang sudah di pelajari banyak diskusi dengan Dokter. Karena, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya adalah mitra kerja Komisi IV.

“Hari ini saya melengkapi sarananya yaitu menyerahkan tensimeter digital ke semua posyandu yang di PKM Sambongpari sebanyak 48 buah.”ungkapnya.

Selanjutnya, kata Murjani, kedepannya insya alloh akan menganggarkan untuk pelatihan kader dalam bentuk ceramah tentang hipertensi, bahaya merokok, dan pola makan sehat harus sering dilakukan.

Tetapi, untuk simulasi dalam mengukur tekanan darah menggunakan tensi meter digital kader binaan Politikus Gerindra tersebut sudah pandai.

“Kader saya lihat sudah mahir.”singkatnya.

Murjani menjelaskan, pengetahuan kader binaanya, mampu mengukur tekanan darah secara mandiri. Dan ini sangat bermanfaat sebagai pemeriksaan awal kesehatan yang dilakukan di tingkat RW.

“Posyandu akan sangat membantu memantau kesehatan kita.”jelasnya. (*)