Memupuk Mental Generasi Muda, Forum Kewirausahaan Pemuda Tasikmalaya Gelar Seminar

oleh -21 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Seminar Kepemimpinan dan Kewirausahaan di Aula Universitas Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dari sebelas kali kegiatan, DPD FKP Kabupaten Tasikmalaya baru kali ini bisa di support oleh PT Sucofindo.

Seminar kali ini, dihadiri Willy Ramadhan Biro ekonomi dan Investasi DPW Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Jabar, DPD FKP Se-Priangan Timur, Kepala Dinas Perindag, Disparpora, Sekretaris Bappelitbangda Kabupaten Tasikmalaya, Ketua KNPI Kabupaten Tasikmalaya dan pihak PT Sucofindo Cabang Bandung.

Kegiatan FKP Kabupaten Tasikmalaya dihadiri 100 peserta dalam seminar kewirausahaan dan kepemimpinan.

Ketua FKP Kabupaten Tasikmalaya, M Fakhrudin Hidayat mengatakan bahwa kegiatan kewirausahan dan kepemimpinan baru kali ini acaranya besar yang ke-11 kali dan kegiatan FKP Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan support dari PT Sucofindo dan atas dasar kerjasama anggota DPR-RI H Acep Adang Ruhiat.

Sebelumnya, kegiatan seminar FKP Kabupaten Tasikmalaya betul-betul udunan. Belum ada support dari pihak luar.

“Pada prinsipnya berproseslah dulu, udunan pengurus dulu agar terselenggara kegiatan, untuk hasilnya belakangan, dan alhamdulillah kegiatan ke-11 ini mandapatkan support.”Kata M. Fakhrudin Hidayat kepada wartawan dilokasi, Selasa (13/6/2023).

Fakhrudin menyebut sasaran dari FKP Kabupaten Tasikmalaya sendiri sangat konsisten membina para pemuda-pemudi di usia 16-30 tahun.

“Poin-poin penting pasca pulang seminar kewirausahaan dan kepemimpinan. mininal mereka yang mengikuti seminar ini dapat memahami dan memupuk mentalnya masing-masing dalam kewirausahaan.”Ujar dia.

Selain itu, kata Fakhrudin, seseorang bisa meneladani kepemimpinan luar biasa. Sedangkan, kewirausahaan ketika mereka mau membuat suatu usaha langkah-langkahnya harus tepat.

“Mulai dari perencanaanya, menentukan produknya, menentukan pasarnya harapanya seperti itu.”Ungkapnya.

Ketua FKP Kabupaten Tasikmalaya mengatakan tugas kita sebagai kaum muda dan sebagai warga Kabupaten Tasikmalaya harus bisa terus berikhtiar.

“Kami ini, ada anggaran tak ada anggaran  terus berproses sebetulnya. Tinggal sikap kolaborasi ini bisa tumbuh, karena pemuda harus belajar tentang kewirausahaan agar mengurangi indeks pengangguran minimal angka kemiskinan berkurang dan tidak bertambah.”Tegasnya.

Kendati kemudian, dengan adanya pemuda yang aktif di bidang kewirausahaan, tentu pasti ada penelitian dan survei. Ketika kaum muda aktif di kewirausahaan otomatis dia sudah mempunyai pekerjaan, artinya itu sebuah proses.

“Pokoknya pulang dari seminar ini, peserta harus memaksimalkan ilmu yang telah di dapat dalam menjalin komunikasi dengan FKP, menjalin komunikasi antar sesama ketika berbicara kewirausahaan. Yuk kita bareng-bareng di FKP dan sama-sama berkembang dengan membangun, bangkit dan berdaya.”Tutur Fakhrudin.

Sementara itu, Cyntia Yuni Ardanari perwakilan dari PT Sucofindo, selaku Kabid Dukbis Cabang Bandung pihaknya di beri tugas oleh atasanya untuk memberikan support Seminar DPD FKP Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami diamanahkan, tugas dari kantor pusat untuk memberikan bantuan Seminar Kepemimpinan dan Kewirausahaan. Kami menyupport ke FKP untuk menjalankan seminar karena kami bergerak juga di Inspeksi, Pelatihan, Sertifikasi, Pengujian, dan Konsultasi.”Bebernya.

Cyntia mengatakan pihaknya juga mempunyai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Salah satunya ingin bermanfaat untuk sesama. Kita membantu juga program sdgs dari pemerintah salah satu pilarnya nol properti tanpa kemiskinan.

Hal ini, kata Cyntia, PT Sucofindo sejalan usaha dengan FKP Kabupaten Tasikmalaya untuk menciptakan kewirausahaan baru.

“Kami berharap supaya tingkat kemiskinan di Tasikmalaya bisa berkurang sesuai nanti pelatihan yang akan di sampaikan pemateri. Harapan Sucofindo sudah memberikan program tanggung jawab sosial lingkungan kepada Dpd FKP. Kami berharap bisa menggunakan dana semaksimal mungkin seperti kegiatan sekarang acara seminar.”Terang dia.

Sehingga, bisa membina sampai tahap ke digital marketing. Dikarenakan, era sekarang penjualan memakai digital marketing dan kita sudah meninggalkan jualan versi dulu.

Diketahui, Sucofindo adalah perusahaan inspeksi yang pertama di Indonesia yang bergerak di bidang jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultasi, dan saat ini memiliki lebih dari 2.500 tenaga kerja profesional.

Di dalam negeri, layanan kami tersebar di cabang, titik layanan dan laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan di pasar regional dan global kami bermitra dengan beberapa institusi dan perusahaan global.

Sucofindo beralamat di Jl. Soekarno-Hatta No.217, Bandung dan bisa di cek di websitenya Sucofindo.com