Muspika Tanjungjaya Peringati Sumpah Pemuda Ditengah Situ Sanghyang

oleh -2 views
oleh

LETTERZ.ID, Kab.Tasikmalaya- 28 Oktober di Peringati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Namun, sejumlah warga di Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar upacara bendera unik.

Karena, Puluhan Pemuda dan Aparat Kecamatan Tanjungjaya, Polisi dan TNI Upacara diatas Rakit di tengah Situ Sanghyang.

Ada empat buah Rakit bambu ditambatkan ditengah Situ Sanghyang untuk pijakan peserta Upacara. Mereka juga menaiki Rakit bambu untuk sampai di tengah Situ Sanghyang yang cantik dan eksotis. Lalu, Bendera Merah Putih berkibar diatas ketinggian sepanjang upacara.

“Kami sengaja dengan para pemuda dan muspika kecamatan gelar upacara bendera sumpah pemuda yang unik di tengah Situ Sanghyang.”Celoteh Usep Gunawan, PLT Camat Tanjungjaya, Jumat (28/10/2022).

Upacara Sumpah Pemuda, diatas air dengan terpaan angin kencang, upacara pun berlangsung khidmat. Dengan menanamkan jiwa Nasionalisme dan menumbuhkan semangat kepemudaan, upacara ini juga untuk mendongkrak potensi pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi covid-19.

“Ini upaya kami pemerintah untuk mendongkrak kembali wisata situ yang sempat terpuruk akibat pandemi covid 19. Kami ingin geliat pengunjung datang lagi dan tau kalau situ masih indah dan layak didatangi untuk wisata.”Imbuh Usep.

Kapolsek Tanjungjaya, Ipda Jajat Jatnika sebagai Inspektur Upacara ia mengaku miliki pengalaman berbeda upacara di tengah Situ sanghyang. Semangat jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air semoga tertanam di benak Pemuda Bangsa.

“Yah kita coba tanamkan semangat kepemudaan dan jiwa nasionalisme juga.”Ujar Ipda Jajat.

Berbeda dengan Aris, Pemuda asal Tanjungjaya menyambut baik upaya Pemerintah Daerah membangkitkan kembali Potensi Wisata di Situ Sanghyang dengan upacara tengah Situ. Mereka berharap Wisata situ dengam luas 24 hektar ini kembali menggeliat.

“Kami berharap sih wisata disini kembali hidup, umkm hidup, ekonomi masyarakat juga hidup setelah moment upacar hari sumpah pemuda ini.”Harap Aris.

Perlu diketahui, Situ Sanghyang merupakan Destinasi Wisata Danau yang dimiliki Kabupaten Tasikmalaya. Namun, selama Pandemi Covid-19, Situ ini sepi dari pengunjung hingga nyaris mati suri.

Sedangkan, dilokasi ini masyarakat bisa menikmati naik rakit kelilingi Situ Sanghyang, dengan memancing ikan air tawar hingga menikmati kuliner ikan bakar. (*)