Panwascam Cisayong Gelar Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu

oleh -60 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Panwaslu Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya mengadakan kegiatan tentang Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di GOR Desa Sukajadi, Kecamatan Cisayong, Selasa (24/10/2023).

Apep TS, S.H.I, M.Pd.i Ketua Panwascam Cisayong mengatakan hari ini adalah kegiataan ketiga Panwaslu Kecamatan Cisayong.

“Peserta kali ini dari Panwas Desa Kecamatan Cisayong sebanyak 13 Desa ditambah dengan pemilih pemula, yang nanti akan memilih.”Ungkap Apep TS saat memberikan sambutan.

Menurut dia untuk jumlah peserta kali ini 20 orang peserta dari 5 Desa dan jumlahnya terbatas.

Apep TS menyampaikan bahwa Panwas Desa sedang mengawasi tugas pengawasan dalam tahapan penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Yang sekarang di awasi, pindah domisili dari kecamatan cisayong dan pemilih masuk ke kecamatan cisayong. Kita punya Pesantren Idrisiyah, kita dapatkan datanya, sebanyak 400 santri dari luar kabupaten Tasikmalaya. Dan itu masuk ke dalam pemilih tambahan. Selain pendidikan kita juga mempunyai karyawan Pabrik.”Tambahnya.

Selanjutnya, kata Apep, Pemilu sekarang banyak perubahan di dalam ketentuan proses, diantaranya pada masa kampanye. Sekarang tempat Pendidikan boleh di terapkan alat kampanye, asalkan minta ijin terlebih dahulu.

“Ya, untuk sekarang bisa di terapkan alat kampanye di Sekolah asalkan ada ijin. Kecuali perguruan tinggi tanpa syarat.”Terangnya.

Sementara itu, Kapten Inf Andri Mulyono Danramil Cisayong menyampaikan kepada para peserta terkait Netralitas aparat guna mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya kondusif.

Danramil 1207/Cisayong berpesan kepada para peserta PKD harus di jadikan sebagai barometer Pemilu 2019.

“Pemilihan lagi 2024 nanti semoga bisa mengidentifikasi tingkat kerawanan di wilayah Kecamatan Cisayong. PKD harus banyak belajar dari masa lalu. Di tahun 2024 nanti bisa di pantau kerawanan dan bisa mengevaluasi.”Tuturnya.

Kendati demikian, Andri Mulyono menyebutkan TNI tegak lurus dan harus netral tidak bisa memberikan fasilitas kepada para kontestan.

“Mari kita di tahun 2024 menikmati pesta demokrasi dengan ceria. Kami TNI dan Polri tidak tergiring oleh politik apapun, dikarenakan tidak ada kepentingan.”Tutupnya.

Kegiatan Panwaslu Kecamatan Cisayong dihadiri Ketua Panwascam Cisayong, Apep TS, S.H.I, M.Pd.i, Danramil 1207/Cisayong, Kapten Inf Andri Mulyono, Kapolsek Kecamatan Cisayong diwakili Kanit Binmas, Camat Cisayong diwakili Kasie Trantib, Para PKD dan Pemilih Pemula. (*)