Perkuat Kebersamaan Profesi, Jurnalis Tasikmalaya Akan Turgab Ke Pangandaran

oleh -31 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Menjalin sinergitas dan kebersamaan antar wartawan. Gabungan dari media online, media cetak, elektronik, dan seluruh jurnalis yang ada di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya akan menggelar acara Touring Gabungan (Turgab) awal tahun 2023 ke Pantai Pangandaran.

Turgab, ini digagas oleh Forum Wartawan Singaparna (Forwasi), Gabungan Wartawan Tasikmalaya (Gawat), DPP BAKI dan PWRI (Persatuan Wartawan Republik Indonesia) Tasikmalaya yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Januari 2023.

Lucky selaku penanggung jawab mengatakan, adanya acara Touring Gabungan Jurnalis Tasikmalaya, pihaknya mengharapkan agar setiap awak media yang ada di Kabupaten Tasikmalaya dapat lebih akrab dan profesional lagi dalam hal mencari, menginformasikan dan menulis berita.

“Acara touring tersebut pun bukan semata untuk sekedar kumpul dan jalan-jalan bersama. Melainkan dalam kegiatan acara touring tersebut akan berdiskusi atau sharing bersama tentang dunia jurnalistik dan kendala apa saja yang sering dihadapi dalam hal melaksanakan tugas jurnalis di lapangan.”Ucapnya, Selasa (10/1/2023).

Adapun juga, Aji sebagai ketua Gabungan Wartawan Tasikmalaya (GAWAT) menyampaikan, tujuan dari kegiatan touring ini adalah untuk mempersatukan wartawan khususnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya ataupun yang luar Kabupaten Tasikmalaya umumnya.

Pihaknya, dengan tegas menghimbau kepada seluruh peserta acara agar bisa memberikan contoh baik terhadap masyarakat saat berkendara pada saat pelaksanaan touring dan lebih mengutamakan keselamatan serta mengikuti peraturan dalam pelopor berlalu lintas.

“Touring pewarta ini untuk mempersatukan rekan-rekan wartawan khususnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya dan umumnya yang ada diluar Kabupaten Tasikmalaya untuk lebih bersinergi lagi. Selain itu, saya menghimbau kepada seluruh peserta acara atau teman-teman wartawan yang ikut agar bisa berhati-hati dijalan saat pelaksanaan touring menuju lokasi dan lebih mengutamakan keselamatan serta tatap mematuhi peraturan pelopor berlalu lintas guna memberikan contoh terhadap masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.”Ungkap Dia.

Sementara, Joko Ketua Forum Wartawan Singaparna (FORWASI) Kabupaten Tasikmalaya mengatakan tujuan Touring Jurnalis Tasikmalaya tersebut dalam rangka membangun kebersamaan antar sesama jurnalis agar lebih harmonis dan kompak.

Selain itu, dirinya pun mengatakan ada 3 hal yang bisa diambil dari acara touring tersebut yakni edukasi atau pembelajaran, kegiatan refreshing dan menjalin kebersamaan antar media yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya selaku salah satu penanggung jawab acara, tujuan diadakannya kegiatan touring, dalam rangka membangun kebersamaan sesama rekan-rekan jurnalis, menciptakan kondisi yang harmoni dan ajang silaturahmi antar media khususnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, dalam acara touring ini ada tiga hal yang bisa kita ambil yaitu, edukasi atau pembelajaran, kegiatan refreshing dan menjalin kebersamaan antar media khususnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.”Papar dia.

Selanjutnya, Chandra F Simatupang mengatakan perwakilan dari PWRI, ia menjelaskan acara ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi antar media. Dirinya menjelaskan bahwa acara touring nanti, bukan hanya sekedar liburan atau hiburan semata. Tetapi, ada beberapa hal yang bersifat positif yang akan dilakukan seperti rapat kerja pembahasan dunia jurnalistik serta hal lainnya. (*)