Polres Tasikmalaya Bantu Warga Tanjungjaya Buatkan Sumur Bor

oleh -12 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya- Terdapat di bawahnya ada sumber air, Polres Tasikmalaya mengantisipasi krisis air dengan membantu pembuatan
Sumur Bor untuk warga bertempat dibelakang Kantor Polsek Tanjungjaya.

Sumur Bor ini memiliki kedalaman 60 meter hingga bisa mengeluarkan air bersih.

“Jadi berdasarkan penelitian, dibelakang Polsek ini ada mata air di kedalaman 60 meter. Maka kami bor disini untuk membantu mengatasi krisis air masyarakat. Nanti air akan di salurkan untuk masyarakat.”Ungkap AKBP Suhardi Heri Haryanto, Kapolres Tasikmalaya, Kamis 7 September 2023.

Air bersih ini nantinya, akan disalurkan untuk rumah ibadah serta rumah tangga warga. Masyarakat sekitar Polsek juga bisa ambil air dari Polsek.

“Yah disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan, termasuk rumah ibadah juga yang mulai kurang air untuk bersuci.”Ucap AKBP Suhardi.

Selain membuatlan Sumur Bor, Kapolres Tasikmalaya juga bagikan mesin pompa air hingga pipanisasi. Rencananya mesin ini akan digunakan menyedot air dari sungai terdekat dengan permukiman warga.

Tokoh masyarakat Tanjungjaya, Ajengan Ali Solihudin mengatakan, jika masyarakat Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya mulai merasakan dampak kemarau panjang. Dimana mereka mulai alami kesulitan mendapatkan air bersih setelah sumur dan mata air mengering.

Warga harus menempuh jarak sekitar satu kilometer menuju Sungai Ciwulan untuk mendapatkan air. Itupun, kebersihan airnya belum terjamin.

“Saya sudah kesulitan air, sampai harus jalan kaki sejauh satu kilometer untuk mendapatkan air buat kebutuhan cuci dan mandi. Sementara untuk minum beli air galon.”Tutur dia.

Kendati demikian, kondisi ini membuat masyarakat membutuhkan bantuan air bersih hingga pembangunan sumur resapan atau sumur bor. Untungnya ada uluran bantuan dari Polres Tasikmalaya dalam membantu masyarakat mendapatkan sumber air yang dekat. (*)