Tarkam Brigez Cup Cineam Sukses, Tudingan Kisruh Berakhir di 2023

oleh -127 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Ada yang unik di Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebuah permainan Sepak Bola Antar Kampung yang menjadi paling diminati masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Di Desa Cikondang pertandingan Tarkam Sepak Bola selalu kisruh dan tidak ada turnamen Tarkam (antar kampung) yang berujung selesai sampai final.

Diketahui, Tarkam Sepak Bola mulai selalu kisruh di Kecamatan Cineam itu pada tahun 2015.

Tetapi, berbeda halnya tahun 2023, Tarkam Sepak Bola memperingati Sumpah Pemuda yang diadakan oleh DPC Ormas Brigez Kecamatan Cineam bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Cikondang berhasil sampai tuntas.

Dan itu memecahkan tudingan, Sepak Bola antar kampung di Desa Cikondang yang selalu kisruh yang tak kunjung usai.

Turnamen yang diadakan DPC Ormas Brigez Cineam bersama Karang Taruna Desa Cikondang berhasil terlaksana selama dua bulan dan yang mengikuti Tarkam tersebut ada 12 Club.

“Ari kapengker-pengker mah pami aya turnamen teh tara parat da sok biasa sok ricuh koh.”Ungkap Midan Ketua DPC Ormas Brigez Kecamatan Cineam kepada wartawan, Senin (16/1/2023).

Kemarin, Minggu 15 Januari 2023 adalah final tarkam yang mempertemukan club dua Desa yaitu Bargas Fc dari Desa Cikondang vs Putra Karya Muda dari Desa Pasirmukti.

Tarkam tersebut berhasil dimenangkan oleh Putra Karya Muda vs Bargas Fc dengan skor 2-1 bertempat di lapangan Prabu Sukajaya, Desa Cikondang, Kecamatan Cineam.

“Kamari mah alhamdulillah pelaksanana Brigez mah aman beres dugi ka final.”Ujar Midan.

Menurut Midan, Tarkam Sepak Bola pada tahun sebelum-sebelumnya tidak tuntas sampai akhir, karena selalu kisruh.

“Tarkam watu dulu, selalu sampai ka semi final biasana mah.”Papar Midan.

Sementara itu, Dadan Jaenudin Ketua DPW Brigez Kabupaten Tasikmalaya berharap semoga dengan acara pertandingan Sepak Bola Brigez Cup ini bisa dirasakan masyarakat.

“Organisasi Brigez lebih dirasakan adanya ditengah masyarakat sebagai wadah penggerak pemuda dalam berkreasi di wilayah.”Sebutnya.

Pada laga final Tarkam Sumpah Pemuda Desa Cikondang itu, turut hadir Ketua KNPI Kabupaten Tasikmalaya Haryadi Ahmad Satari, Ketua Ormas Brigez Kabupaten Tasikmalaya Dadan Jaenudin, Kepala Desa Cikondang dan Kepala Desa Pasirmukti. (*)