Wakapolda Jabar Tinjau Langsung Tapal Kuda Salawu-Garut Jelang Kesiapan Sarana Prasarana

oleh -31 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi, meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana di Pos Pelayanan Lebaran Tapal Kuda di Perbatasan Salawu-Garut. Termasuk arus kendaraan agar aman dan nyaman dilewati pemudik.

Jajaran Polda Jawa Barat bersama Polres Tasikmalaya memastikan kesiapan sarana dan prasarana jelang operasi ketupat Lodaya yang identik dengan arus mudik dan balik lebaran.

Bariza mengatakan Kamis Pagi (16/3/2023) sudah melaksanakan rapat yang dipimpin oleh Kapolda Jawa Barat bersama dengan Jasa Marga tentang kesiapan Polda Jabar dan jajarannya dalam rangka menghadapi operasi ketupat.

“Karena memang operasi ketupat ini sangat identik dengan arus mudik dan balik lebaran. Tentunya kita harus memperhatikan sarana dan prasarana.”Ucap Bariza, kepada Wartawan di Pos Pelayanan Lebaran Tapal Kuda, Kecamatan Salawu, Kamis (16/3/2023).

Dari hasil setelah rapat bersama jasa marga, Polda Jawa Barat diperintahkan untuk mengecek jalur-jalur alternatif.

“Hari ini kami jalan dari mulai Bandung sampai dengan Tasikmalaya.”Cetusnya.

Kemudian, hal ini dilaksanakan dalam rangka melihat kesiapan sarana prasarana jalan.

“Apakah memang cukup memadai, atau memang perlu perbaikan.”Ucapnya.

Sehingga, memang jika perlu perbaikan, Polda Jabar nanti akan kerja sama dengan Kabupaten, Provinsi, dan tingkat Nasional.

Memantau, jalur alternatif itu sendiri sebagai penunjang jalur utama tol khususnya bisa benar-benar siap digunakan oleh para pemudik.

“Termasuk kalau nanti memang ada jalur alternatif, Polisi atau petugas mengarahkan kepada jalur alternatif, jalur tersebut sudah siap digunakan baik dari kenyamanan atau keamanan.”Jelasnya.

Sehingga, setiap tahun pastinya selalu ada yang namanya macet. Kenyamanan dalam arti, relatif waktunya yang tadinya satu jam bisa setengah jam.

“Ya kalau macet memang itulah seni daripada mudik, namun kita mengharapkan pertama kenyamanan.”Beber dia.

Kandati, minimalnya rodanya bisa berjalan berputar, walaupun cuma pelan, itulah kesiapan kita, dari mulai sekarang mengecek sarana prasarana dulu setelah itu baru kesiapan petugas dan lainnya untuk bisa menunjang pelaksanaan arus mudik yang baik.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Suhardi Hery Haryanto SIK MM, menyampaikan, hari ini Wakapolda Jabar langsung mengecek kesiapan pelaksanaan operasi ketupat dan mengecek arus kendaraan dan jalan.

“Jadi dalam arus mudik, kita bekerja sama dengan pemerintah daerah. Kita sudah berupaya melakukan upaya perbaikan sarana prasarana.”Kata dia.

Jadi, selain rawan longsor, juga memang ada kendala penerangan jalan di jalur khususnya di Salawu.

“Kami bekerjasama dengan pemerintah daerah, insya Allah nanti menjelang hari H nya bisa terpasang.”Papar dia.

Pada intinya, tambah Hery, baru mempersiapkan sarana dan prasarana di pos polisi.

“Yang kita rencanakan pos pol kita ada 27 pos.”Pungkasnya. (*)