Warga Tasik Nikmati Pagelaran Wayang Golek Giri Harja 3

oleh -13 views
oleh

LETTERZ.ID-Ribuan Warga Kota Tasikmalaya berbondong-bondong ke halaman Bale Kota Tasikmalaya untuk menyaksikan Pagelaran Wayang Golek Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya Putra Giri Harja 3, Minggu Malam (23/10/2022).

Pagelaran Wayang Golek Giri Harja 3 tersebut masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tasikmalaya yang ke-21 tahun.

Setelah pagi tadi, mengadakan Pawai Jampana dan malam harinya disambung oleh Pagelaran Wayang Golek.

Pantauan Letterz.id dilokasi, yang hadir menyaksikan Wayang Golek di Hut Kota Tasikmalaya ke-21 tahun itu bukan hanya kalangan orang tua, melainkan anak muda ikut menyaksikan gelaran Pawayangan.

Drs H Muhammad Yusuf selaku Walikota Tasikmalaya yang sebentar lagi akan beres masa jabatanya. Ia mengatakan sebagaimana yang kita saksikan bersama.

“Malam ini diselenggarakan Pagelaran Wayang Golek Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya Putra Giri Harja 3.”Ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur, atas peringatan hari jadi Kota Tasikmalaya yang ke-21. Sehingga, upaya Pemkot dalam melestarikan nilai Budaya dan Tradisi positif secara turun temurun untuk generasi mendatang.

“Dengan semakin jarangnya kesenian Wayang Golek untuk ditampilkan, di khawatirkan akan tersisih oleh kebudayaan luar.”Sambungnya.

Ia menjelaskan kekayaan budaya yang memiliki nilai-nilai luhur harus tetap eksis dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

“Akan lebih indah lagi bila semua ini ditunjang dengan pemahaman dan apresiasi masyarakat yang ditunjukkan dengan kedalaman cita rasa di bidang seni dan budaya yang dapat mewarnai citra Kota Tasikmalaya hidup dan menghidupi kearifan budaya tumbuh subur. Karena menjadi bagian dari budaya masyarakat yang mengantarkan pada tercapainya keseimbangan kehidupan.”Jelasnya.