Wow ! Pasar Murah di Kabupaten Tasikmalaya Diserbu Masyarakat Jelang Ramadhan

oleh -2 views
oleh

LETTERZ.ID, Kabupaten Tasikmalaya-
Pemerintah Daerah (Pemda) bersama Polres Tasikmalaya menyelenggarakan pasar murah jelang bulan suci ramadhan.

Antusias pasar murah, diserbu masyarakat sangat tinggi dalam membeli kebutuhan pokok yang sebagian tengah naik harganya di Pasar Tradisional.

“Kami Polres Tasikmalaya bersama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Bulog dan BI menggelar operasi pasar murah di Lapangan Hitam Mako Polres Tasikmalaya.¬†Kami sudah menyampaikan dan berkoordinasi, bahwa operasi pasar murah ini bukan hanya kali ini saja, tapi nanti akan dilaksanakan di setiap wilayah tertentu di Kabupaten Tasikmalaya, yang tidak terjangkau oleh masyarakat.”Ungkap AKBP Suhardi Hery Haryanto, di kantornya, Selasa (7/3/2023).

Masyarakat pun rela antre demi membeli kebutuhan pokok seperti beras, minyak kita, telur ayam, daging ayam daging sapi, terigu, gula pasir, ragam cabai, bawang merah dan putih hingga lpg 3 kilogram.

Operasi pasar murah di Kabupaten Tasikmalaya, dalam rangka mendukung program Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Selain jelang bulan suci ramadhan, operasi pasar murah ini juga akan dilaksanakan saat menjelang hari Raya Idul Fitri nanti.

“Untuk target pasar murah ini bisa secukupnya masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan nya, dan kalau bisa lebih banyak masyarakat yang membutuhkan mendapatkan pangan murah.”Ucap Kapolres Tasikmalaya.

Sedangkan, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan mengatakan kegiatan operasi pasar murah ini menjual 22 kebutuhan pangan. Diharapkan pasar murah bisa membantu warga yang kesusahan.

“Pasar murah ini akan ditindaklanjuti ke pelosok-pelosok wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, yang harga kebutuhan sembako nya terjadi kenaikan karena beban biaya transportasi.”Ujarnya.

Terjadinya kenaikan di beberapa kebutuhan komoditas sembako bisa terjadi karena distributor atau agen-agen terdapat persaingan usaha.

“Sehingga kita masih memerlukan distributor utama di Kabupaten Tasikmalaya. Dan sampai sekarang masih di luar artinya biaya distribusi menyebabkan kenaikan harga, belum lagi ada perbedaan dan persaingan harga di distrubutor.”Jelasnya.

Tak hanya itu, harga kebutuhan di pasar murah Polres Tasikmalaya jauh lebih murah dibanding di pasar tradisional. Beras kualitas medium dijual Rp 9.400 perkilogram dari harga pasaranya yang mencapai Rp 12 ribu perkilogram.

“Minyak kita juga dijual Rp 14 ribu dari harga di pasaran Rp 16 ribu perliter. Sementara telur ayam dijual Rp 26 ribu dari harga pasaran tembus angka Rp 29 ribu perkilogram.”Imbuh Iwan.

Sementara, harga cabai domba dijual Rp 50 ribu dari harga pasar Rp 80 ribu perkilogram. Daging sapi beku dijual Rp 90 ribu dari harga pasaran Rp 100 perkilogram.

Ia menyebut selain membantu masyarakat, pasar murah digelar untuk menstabilkan harga kebutuhan jelang ramadhan.

“Alhamdulillah harganya miring. Walau dibatasi pembelianya tapi cukup kayaknya buat seminggu. Nuhun pak Polisi.”kata Farida, Konsumen yang hadir di pasar murah. (*)